Posted on

5 Kriteria Memilih Sepatu Ini Hanya Diketahui Anak Basket Sejati

Blibli.com – Buat kamu yang suka main basket, pernah nggak sih memperhatikan sepatu-sepatu keren yang dipakai para pemain basket NBA? Coba lihat. Hampir semua dibuat dengan desain yang sangat wah dan beda dengan sepatu jenis lainnya. Buat tampil kerenkah? Biar punya nilai brandingkah? Mungkin. Tapi yang paling mungkin dan paling dirasakan oleh para pemain basket ternyata bukan itu.

Ternyata, para pemain basket sejati itu punya daya jelajah tinggi di lapangan yang tergolong kecil kalau dibandingkan dengan lapangan sepakbola misalnya. Nah karena itulah, kaki mengalami tekanan yang tidak sedikit. Itulah kenapa sepatu jadi kunci utama yang harus diperhatikan para pemain basket. Sebab kalau tidak, pemain basket gampang cedera kakinya. Lompat, lari, mengerem langkah, itu semua membutuhkan tumpuan kaki yang nyaman.

Jadi keren dan branding emang pasti. Tapi soal kenyamanan dan keselamatan kaki adalah faktor utama. Itulah mengapa, hanya anak basket sejati yang tahu beginian, karena emang pernah merasakan. Kalau kamu ngaku anak basket, nih Blibli berikan sejumlah tips memilih sepatu basket yang aman dan nyaman untuk mendukungmu jadi juara:

1. Ukur benar kakimu

Kriteria Memilih Sepatu Basket_2

via businessinsider.com

Ini hal yang paling penting sebelum memilih sepatu. Coba ukur panjang kaki dari jari paling panjang sampai tumit paling belakang. Begitu juga ukur lebar kaki dari bagian paling lebar di telapak kaki. Itu adalah cara mendapatkan ukuran paling pas untuk kakimu. Usahakan ketika mengukur dalam posisi tegak lurus ya.

2. Ketahui jenis permainan basketmu

Kriteria Memilih Sepatu Basket_3

via lebronbasketball.com

Ini sangat menentukan kamu harus memilih sepatu jenis apa. Apakah kamu termasuk tipe power player yang kemungkinan beradu dengan pemain lain lebih sering? Ini misalnya untuk posisi guard atau pengganjal serangan lawan. Nah, sepatu yang cocok adalah jenis high topatau sepatu yang tinggi bagian belakangnya. Ini untuk mencegah cedera di bagian tumit atau angkle (sendi kaki di sekitar tumit).

Nah, untuk kamu yang cenderung jadi pemain cepat atau speedster seperti pemain penyerang, sepatu yang pas adalah yang paling ringan atau low top. Ini sepatu yang paling pendek bagian belakangnya dan akan membuat larimu lebih lincah.

Khusus untuk pemain pengatur serangan atau all around player yang sering berlari ke sana ke mari, sepatu jenis mid top atau tengah-tengah antara low dan high top adalah pilihan paling tepat. Selain aman, sepatu ini tetap bisa diajak lincah untuk berputar mengikuti langkahmu.

3. Penampilan? Itu nomor kesekian

Kriteria Memilih Sepatu Basket_4

via gq.com

Memilih sepatu basket lebih baik tidak mengutamakan penampilan. Apalagi memilih hanya soal warna ngejreng atau karena alasan dipakai pemain idola. Nggak salah sih, kalau memang itu cocok dengan tipe permainanmu. Tapi kalau tidak, lebih baik pilih yang memberikan kenyamanan. Pilih jenis sepatu berventilasi agar sepanjang pertandingan kakimu tetap bisa bernapas lega.

4. Bantalan bagus dan empuk, serta memberikan perlindungan sendi kaki menyeluruh

Kriteria Memilih Sepatu Basket_5

via plus2clothing.com

Ini yang tidak sembarangan didapat kalau memakai sepatu biasa. Coba cari sepatu basket yang ketika dipakai melompat dan mendarat kembali terasa meredam benturan di kakimu. Sebab kamu akan sering lompat, lari, bahkan terbang untuk memasukkan bola ke dalam keranjang.

5. Cari sepatu yang responsif terhadap gerakanmu

Kriteria Memilih Sepatu Basket_6

via hypebeast.com

Selain nyaman, kaki kadang sering mengerem dan menekuk. Cari sepatu yang bisa melindungi gerakan-gerakan responsif mendadak semacam itu. Biasanya ketika dipakai, sepatu ini terasa lentur di kaki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TIPS : Ketik kata kunci di kolom pencarian untuk mencari produk yang diinginkan Dismiss

%d bloggers like this:
Inline
Inline